5 Masalah Mendasar Pada Keyboard Hp Android

Masalah Mendasar Keyboard Android

Android.....Itulah kata yang sering di pakai untuk menyebutkan ponsel pintar yang sekarang lagi booming. Android merupakan sebuah OS (Operating System) atau sistem operasi pada ponsel pintar yang berbasis linux yang disematkan pada ponsel layar sentuh. Sebenarnya sistem operasi pada Hp ini sangat bermacam-macam bukan hanya android antara lain ada sistem operasi Java, Symbian, Blackberry, Microsoft dan lain sebagainya. Bahkan berbagai brand ponsel pintar dari bermacam merek, mengeluarkan produk ponsel pintarnya yang berbasis android ini.


Dengan berbagai kecanggihan yang dimiliki ponsel pintar android tersebut, tidak sedikit muncul pula berbagai masalah yang mengikutinya. Diantara sekian banyak masalah yang muncul pada ponsel tersebut, yang sering dialami oleh pengguna ponsel pintar android ini adalah masalah pada keyboard atau papan ketik.

Berbeda dengan ponsel yang masih menggunakan keypad (papan ketik pada hp jadul) yang masih berupa perangkat keras (hardware). Sedangkan pada ponsel pintar android, keyboardnya menggunakan aplikasi atau software karena android menggunakan layar sentuh. Pada hp jadul kerusakan papan ketiknya sebatas putus jalur, mati lampu, copot beberapa tombol dll. Kerusakan pada keyboard ponsel android cukup komplek dan berupa kerusakan software atau perangkat kerasnya.

Berikut ini ada beberapa kerusakan keyboard pada ponsel pintar android :
  • Keyboard Mengecil; Biasanya kerusakan ini ditandai dengan tampilan keyboard yang tidak full atau hanya tampil sebagian. Atau ada juga kasus yang lain yaitu keyboard muncul sebagian di sisi kiri dan sebagian lagi di sisi kanan ponsel.
  • Error Input; Kerusakan seperti ini di tandai dengan kemunculan berbagai kata ketika kita mengetik. Jadi muncul huruf atau kata yang tidak sesuai dengan apa yang disentuh. Hal ini sebenarnya bukan error tetapi input bahasa yang dipakai berbeda. Kita bisa merubah input bahasa tersebut atau untuk lebih jelasnya bisa di baca Cara Mengatasi Error Input Bahasa Pada Hp Android.
  • Keyboard Tidak Tampil; Jelas masalah ini ditandai dengan tidak munculnya gambar keyboard pada ponsel tersebut. Boleh dikatakan bahwa tampilan keyboardnya hilang. Sebenarnya itu hanya tampilannya saja yang hilang, sedangkan aplikasinya atau software nya masih ada. Penyebabnya adalah penuhnya data cache pada aplikasi keyboard tersebut. Jadi setiap kita mengetik akan meninggalkan berkas pada memory penyimpanan pada aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya kita bisa menghapus data berkas tersebut atau anda perlu di clear cachenya. Sebagai rujukan, bisa dibaca pada artikel Mengatasi Papan Ketik/Keyboard yang Hilang/Tidak Tampil Pada Hp Android
  • Papan Tombol Terhenti; Pada kasus ini, tampilan keyboar masih jelas terlihat masih normal. Namun yang menjadi permasalahan, keyboard tersebut tidak bisa di gunakan atau tidak bisa disentuh. Sebenarnya berdasarkan pengalaman saya, dengan cara di restart pun, sudah bisa diatasi. Namun jika ternyata masih membandel, kita bisa melakukan dengan cara menghapus data keyboarnya. Sebagai panduan, anda bisa membaca pada artikel Cara Mengatasi Papan Ketik/Keyboard yang Hilang/Tidak Tampil Pada Hp Android.
  • Aplikasi Keyboar Rusak; Jelas jika aplikasi keyboardnya rusak, kita tidak dapat menemukan tampilan keyboardnya. Solusi nya adalah dengan cara mendownload kembali aplikasi tersebut yang sesuai dengan tipe ponsel nya.
Demikian beberapa masalah yang terjadi pada papan ketik/keyboard ponsel pintar android, semoga menjadi inspirasi.


,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer