Cara Instal/Pasang Aplikasi Dapodik

Instal Aplikasi Dapodik V terbaru

BERBAGI-Untuk Aplikasi Dapodik Versi terbaru ini kita tidak ada versi Update nya, maka terpaksa harus uninstal/copot dulu aplikasi Dapodik versi sebelumnya. Sebenarnya jika ada versi update nya, kita tinggal Update kan saja versi sebelumnya.

Bagi teman - teman yang sedikit kesulitan mengenai uninstal/copot Aplikasi Dapodik Versi sebelumnya, bisa dilihat pada panduan Cara Uninstal Aplikasi Dapodik

Pada proses instalasi Aplikasi Dapodik Versi terbaru, bahan - bahan yang diperlukan antara lain :
1. prefill dapodik
2. aplikasi instaler dapodik

Prefill dan Aplikasi Dapodik tersebut ada disitus resmi Pendidikan Dasar dan Menengan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Atau untuk mendownload prefill dan Aplikasi Dapodiknya bisa di lihat di Download Aplikasi Dapodik Versi terbaru

Setelah perlengkapan sudah didownload, pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat folder khusus untuk prefill dapodiknya. Buat folder dengan nama prefill_dapodik pada drive C kemudian paste prefill dapodik yang sudah di download tadi pada folder prefill_dapodik.


Setelah mempunyai prefill dapodiknya, langsung saja ekstrax Aplikasi Instaler Dapodik yang sudah didownload tadi. 

Pada kotak dialog scurity warning, klik saja tombol "Run" dan diteruskan dengan klik "Yes"

Pada kotak dialog selamat datang klik tombol "lanjut" sampai muncul kotak dialog "perjanjian persetujuan" Pada kotak dialog perjanjian persetujuan tersebut, plih "saya setuju" lalu klik tombol "lanjut"


Pada kotak dialog penyimpanan dan penamaan aplikasinya klik saja tombol "lanjut" sampai muncul tombol "pasang". Jika sudah muncul kotak dialog siap pemasangan, maka kita tinggal klik tombol "pasang", tunggu proses pemasangan selesai.


Jika sudah muncul kotak dialog selesai klik saja tombol "selesai"


Dengan selesainya instalasi, maka akan muncul kotak dialog "Regristasi Dapodik".  Isikan form yang tertera di dalam kotak dialog tersebut.


1. Jenis regristasi; pilih saja Offline
2. Kode regristasi; jika belum punya, minta saja ke Dinas Pendidikan Kab/Kota. Setempat.
3. Jenjang; pilih sesuai jenjang sekolah
4. Username; isi dengan email
5. Pasword dan konfirmasi pasword ; isi sesuai selera
6. Klik tombol "Submit"

Jika regristasi berhasil, maka secara otomatis akan masuk ke Login Aplikasi Dapodik, tinggal isikan saja username dan pasword yang sudah diregristasikan.

Demikian, panduan mengenai cara menginstal/memasang Aplikasi Dapodik Versi terbaru, semoga bermanfaat. Selamat bekerja dan sukses selalu, terima kasih.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer